Rabu, 24 Oktober 2012

Cara menampilkan dan menyembunyikan hidden file di Windows (XP, Vista, 7, dll)

Tutorial menampilkan dan menyembunyikan Hidden Files di Windows

Secara default Windows tidak akan menampilkan file, folder, dan drive yang telah diset ke attribute “Hidden” (disembunyikan) dan “System”. Tapi dengan mengubah sedikit setting di Windows Explorer anda bisa menampilkan file yang tersembunyi.
Cara berikut dibawah ini bisa digunakan di (hampir) semua versi Windows (XP, Vista, 7, 2003, 2008) dan hanya akan berubah untuk akun user yang sedang logon.

Buka Windows Explorer dan masuk ke menu File – Tools – Folder Option (utk Windows 7 klik tombol Alt supaya menu terlihat), kemudian di tabs View pada bagian Advanced Settings cari teks bertuliskan Hidden Files and Folders.
Show hidden file di Windows
  • Supaya file hidden dapat terlihat di Windows explorer pastikan pilihan Show hidden files, folders, and drives telah terpilih.
  • Dan sebaliknya, agar file hidden tidak terlihat di Windows Explorer tandai (tick) pilihan Don’t Show Hidden Files, Folders, and Drives
  • Bila file masih tetap tidak tampil, mungkin file tersebut termasuk file system dan supaya bisa terlihat; anda juga harus men-checkout kotak pilihan Hide protected operating system files (Recommended)
Note: Untuk merubah attribut suatu file atau folder menjadi hidden / read-only dapat dilakukan dengan meng- klik kanan file tersebut, lalu pilih Properties.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar