Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Mengganti User Agent di Firefox

Di post sebelumnya Info Teknologi sudah menulis tutorial untuk mengganti User Agent di browser Chrome, dan kini untuk melengkapinya penulis akan menjelaskan cara merubah user agent string di Firefox.
Note: User Agent adalah informasi OS, browser, dan device yg dikirimkan oleh browser komputer / device ke webserver. 
Ada beberapa plugin di Firefox yang bisa merubah user-agent string (spoofing UA) seperti User Agent Switcher, User Agent Updater, User Agent Quick Switch, dll.
Pada artikel ini penulis hanya akan menjelaskan cara perubahan menggunakan plugin User Agent Switcher dengan pertimbangan kemudahan dan masih di-maintenance oleh pembuatnya.

Mengganti User Agent di Firefox

Pertama-tama install terlebih dahulu plugin / addon dengan mengklik tombol menu Firefox, pilih Add-Ons lalu search plugin dengan nama User Agent Switcher, klik tombol Install dan restart Firefox bila diminta.
User agent switcher screenshot
Setelah proses installasi telah selesai maka pembaca bisa mengganti user-agent di Firefox dengan mengaksesnya melalui menu Tools -> Default User Agent. (tekan tombol ALT untuk memunculkan menu Firefox)
cara mengganti user agent di firefox
Bila ingin menambahkan user-agent custom lain di Firefox, masih dari menu yg sama klik Edit User Agents. Kemudian tekan tombol New -> New User Agent.
cara merubah User agent string
Pada contoh dibawah penulis akan mendemokan untuk cara memasukkan user-agent string BlackBerry 9900 ke dalam pilihan menu.
Mozilla/5.0 (BlackBerry; U; BlackBerry 9300; en-US) AppleWebKit/534.8+ (KHTML, like Gecko) Version/6.0.0.570 Mobile Safari/534.8+
Pada layar pilihan New User Agent, masukkan kode diatas dibagian User Agent, sementara untuk description, App Code Name, App Name, App Version, Platform, Vendor dan Vendor Sub bisa diisi sesuai keinginan. (atau ambil dari bagian UA yg ada)
user agent string blackberry 9900
Tekan OK untuk menyelesaikannya, dan akan muncul menu baru di Options > Default user agent dengan nama BlackBerry 9900.
Screenshot infoteknologi
Dan dari screenshot diatas, saat www.infoteknologi.com dibuka dengan user-agent BlackBerry 9900 yg kita buat maka webserver akan mengirimkan konten mobile yg sesuai dengan device yg kita set.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar