Rabu, 24 Oktober 2012

Cara merubah User Agent di browser Google Chrome

User Agent adalah informasi yang berisi identifikasi OS, browser, dan device yg dikirimkan oleh komputer ke webserver. Informasi user agent tersebut kemudian digunakan web server untuk mengirimkan konten yg sesuai dengan system dan device yang digunakan.
User agent string dapat dirubah / diganti (spoofing user-agent) untuk menipu webserver mengirimkan konten yg kita mau. Ini dilakukan supaya kita bisa mengetahui tampilan website bila dibuka oleh browser lain seperti Internet Explorer, Opera, Safari maupun tampilan situs mobile saat dilihat dari device seperti handphone android, iPhone, Nokia, tablet dll.

Aksi spoofing UA biasanya paling dilakukan oleh para webmaster untuk memastikan websitenya dapat dibuka dan dibaca dengan baik dari berbagai macam browser dan device.
Dahulu kala browser yg paling mudah untuk diganti user agent-nya adalah Firefox, namun untuk artikel ini Info Teknologi akan membahas cara mengganti user agent di browser Google Chrome.

Mengganti User-agent di Chrome

Untuk mengikuti tutorial berikut pastikan pembaca sudah menggunakan browser minimal Google Chrome 17 dan menginstall plugin User-Agent Switcher for Chrome.
Setelah plugin selesai diinstall akan muncul ikon baru bergambar kertas dan kacamata (topeng?) yg posisinya berada disamping address bar. Bila ikon di-klik, maka anda sudah bisa merubah user agent browser (sudah tersedia beberapa user-agent string default).
merubah user agent di chrome browser
Untuk menambahkan user agent, pembaca bisa mengklik Settings (lihat screenshot diatas), atau melalui menu Tools > Extensions dan memilih Options di User-Agent Switcher for Chrome.
Akan tampil opsi untuk memasukkan custom user-agent, pada contoh dibawah Info Teknologi akan mendemonstrasikan cara memasukkan user agent string utk iPhone 4.
User-Agent String: Mozilla/5.0 (iPhone; U; CPU iPhone OS 4_3_2 like Mac OS X; en-us) AppleWebKit/533.17.9 (KHTML, like Gecko) Version/5.0.2 Mobile/8H7 Safari/6533.18.5
user agent spoofing setting
Di kotak Name isi dengan iPhone 4, user agent string disamakan dgn kode diatas, di Append? pilih Replace, dan untuk indicator flag isi dengan IP4 (Note: Name dan Indicator Flag nantinya bisa diisi sesuai keinginan). Setelah semuanya selesai dimasukkan, klik tombol Add.
cara mengganti user agent string di chrome
Tampilan infoteknologi.com setelah user agent diset menjadi iPhone 4
Akan muncul pilihan user agent baru bernama IP4, dan saat membuka website yang mendukung versi mobile maka tampilan website di Chrome akan menyajikan tampilan layout sama seperti saat dibuka dengan iPhone 4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar