Rabu, 24 Oktober 2012

Mouse Without Borders, kendalikan banyak komputer dengan satu mouse

Microsoft melalui side projectnya “The Garage” telah membuat software bernama Mouse Without Borders yang memungkinkan satu mouse dan keyboard dapat digunakan untuk banyak komputer (maksimal 4 komputer), yang memberikan kesan desktop yang terintegrasi.
Menggunakan software ini anda akan bisa memindahkan kursor mouse ke setiap komputer yang telah disetting, dan dapat mengetik disetiap desktop hanya memerlukan satu keyboard saja. Program juga memiliki kemampuan drag-and-drop dan copy-paste antar desktop komputer, mengambil screenshot dari desktop lain, me-lock komputer, dan pilihan merubah logo screen Windows dari image database Bing.
Sebelum dapat menggunakannya, komputer harus saling terhubung dalam jaringan LAN; Proses instalasi program sangat mudah, pertama anda harus men-Download Microsoft Mouse Without Borders (klik link) kemudian ikuti step dibawah.

  • Jalankan file instalasi MouseWithoutBordersSetup.msi sampai anda mendapatkan tampilan layar seperti berikut
Mouse Without Borders
  • Pilih No, bila ini adalah pertama kali anda melakukan installasi. Yes bila sudah melakukan instalasi di komputer lain yang ingin anda hubungkan.
Security code dan computer name
  • Akan muncul informasi Security Code dan juga Computer Name anda, biarkan layar ini terbuka, kemudian ulangi installasi di komputer lain (langkah 1: kali ini anda harus mengklik tombol Yes)
Tutorial satu mouse untuk banyak PC
  • Anda akan diminta memasukkan Security code dan juga Other Computer (nama komputer) yang ingin dihubungkan (isi sesuai informasi sebelumnya). Dan bila semuanya berjalan lancar, maka akan muncul layar dibawah.
The garage - Mouse w/o borders
Anda bisa menambah, merubah, atau mengatur setting lain seperti hotkey dari program “Mouse Without Borders” dengan mengklik ikon di taskbar kemudian memilih Settings.
Setting Mouse Without bordersSoftware satu mouse untuk banyak komputer
Note: Program ini hanya untuk OS Windows (InfoTeknologi baru mencoba antar Windows 7), Maksimal 4 komputer bisa terhubung. Bila anda memiliki masalah dalam instalasi ataupun koneksi dengan komputer lain coba periksa setting firewall anda.
Memang sudah ada beberapa program yang memiliki kemampuan serupa seperti Synergy (Multi OS), Teleport (OSX) dan InputDirector (Windows). Namun mengingat program Mouse Without Borders ini merupakan buatan Microsoft dan juga gratis, maka setidaknya kita dapat berharap program ini lebih stabil dan minim bug.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar