Sabtu, 20 Oktober 2012

Cara Mengkoneksikan Database Mysql dan PHP dengan mudah

Bahasa pemrograman PHP mempunyai beberapa kemampuan termasuk melalukan koneksi dengan database. PHP sendiri dapat melakukan koneksi dengan database enggine yaitu dengan Oracle dan MySql. untuk saat ini, saya akan menjelaskan mengenai cara melakukan koneksi dengan database enggine MySql. berikut tahap2nya:

1. Install PHP dan MySql. Agar lebih mudah, instal XAMPP karena dalam XAMPP sudah terdapat fitur PHP dan MySql. untuk Download XAMPP klik disini



2. Nyalakan semua service yang ada dalam XAMPP. Kemudian masuk kedalam browser yang ada pada komputer anda dengan mengakses alamat http://localhost/xampp. setelah itu  buat lah suatu database dengan menggunakan fitur PHP myAdmin yang terdapat dalam XAMPP. kemudian untuk mengecek apakah koneksi antara PHP dan MySql berjalan lancar, buat suatu script pada notepad (disarankan menggunakan notepad++) seperti dibawah ini:

/*
$koneksi=mysql_connect("localhost","root","");
if($koneksi){
echo "Koneksi Berhasil";
}else{
echo "Koneski gagal coba lagi";
}
?>
*/

susunan  dari "$koneksi=mysql_connect("localhost","root","")"; adalah $koneksi=mysql_connect("server","username","password"); tergantung dari serttinga yang anda lakukan. untuk default, gunakan "$koneksi=mysql_connect("localhost","root","")".

3. simpan dengan file ekstensi .php kemudian simpan dalam folder "htdoc"
4. masuk kedalam browser kemudian masukan alamat ini : "http://localhost/[nama file].php".
 kemudian tunggu hasilnya. apabila muncul pesan berhasil maka koneksi yang anda lakukan berhasil.

Sebenarnya banyak sekali perintah yang digunakan untuk mengkoneksikan PHP dan MySql karena banyaknya versi dari PHP.namun untuk yang saya jelaskan adalah versi terbaru dari PHP. Untuk selanjutnya anda bisa menginputkan data, delete data, edit data, query dengan perintah MySql biasa namun dilakukan beberapa penyesuaian. semoga bermanfaat dan ditunggu masukannya. thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar